• +62 321 390946
  • 08155022156
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Kebun Mini Kampung Cyber

Hidroponik sederhana sistem wick menggunakan paralon tanpa listrik

Hai sahabat kebun mini Kampung Cyber, kali ini kita akan membahas  hidroponik yang sangat sederhana namun cukup murah meriah. Apa itu ? Tidak lain adalah hidroponik sistem wick yang sangat sederhana namun cukup memadai untuk skala rumahan dan dikonsumsi sendiri.

Mengapa demikian ? Kalau anda merasa bahwa hidroponik itu mahal karena harus menggunakan listrik, untuk hidroponik system wick kali ini kita tidak menggunakan listrik namun hanya genangan air nutrisi  saja. Meski menggunakan paralon, namun tidak menggunakan listrik. Nutrisi AB Mix yang disertakan hanya menggenang di akar tanaman hidroponik.

Keuntungan sistem Hidroponik sistem wick paralon adalah :

1. Tidak menggunakan listrik sehingga lebih hemat biaya listrik. Sangat cocok untuk kita yang bependapatan pas-pasan tapi pingin berhidroponik ria. :)

2. Tanaman lebih tercukupi nutrinya sehingga tumbuh subur.

3. Sistem hidroponik menggunakan sistem wick paralon, nutrisi tidak cepat ditumbuhi lumut, karenannya harus pilih paralon yang berwarna putih ukuran 4".

 

 Selain keuntungan  tentunya ada kekurangan ber hidroponik sistem wick dengan  menggunakan paralon, Kelemahannya adalah :

1. Biaya awal pembelian paralon lumayan mahal. Namun dapat dipakai berulang kali dan tidak akan rusak sampai waktu tertentu.

2. Air Nutrisi panas ketika kondisi sinar matahari full, sehingga kondisi air yang panas membuat tumbuh tanaman tidak optimal.

3. Asupan oksigen pada air nutrisi sangat kurang, sehingga pertumbuhan tanaman hidroponik kurang optimal. Ini bedanya bila menggunakan sistem NFT yang menggunakan pompa untuk aliran air nutrisi.

 4. Kadangkala air nutrisi berlumut, terutama apabila ada salah satu lubang hidroponik yang terpapar langsung sinar matahari.

5. Kelemahan lainnya adalah, ketika hujan air nutrisi akan kebanjiran dan menggenang di paralon, selain bisa berpengaruh terhadap kadar air kepekatan nutrisi, sehingga tidak sesuai dengan rekomendasi. Tentunya kelemahan ini terjadi apabila kita meletakkan hidroponik tanpa  atap menggunakan plastik UV atau sejenis nya.

 

Dari uraian diatas tergantung sahabat kebun kampung cyber, kalau kalian ingin menanam sekadar skala rumahan dan bukan untuk komersial dengan kondisi ekonomi yang pas pasan tentunya sangat rekomended cara ini. Silahkan berkebun dengan cara sederhana, Cara tersut sudah kami praktekkan di kebun mini kampung cyber mojokerto. Untuk memenuhi kebutuhan hidroponik Anda silahkan order perlengkapan kebun hidroponik di sini.


© 2022 Mojokertocyber. All Rights Reserved.