• +62 321 390946
  • 08155022156
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

POJOK KAMPUNG

Mengenal KPP Mentikan Berseri 1, Ipal Komunal menuju kemandirian.

KPP Mentikan berseri 1, berada di wilayah Lingkungan Cakarayam, suatu lokasi yang berada di wilayah kelurahan mentikan Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto.
KPP Mentikan berseri 1 ini merupakan Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara (KPP ) yang berlokasi di wilayah Kelurahan Mentikan tepatnya di lokasi RT 002 RW 001 Lingkungan Cakarayam. KPP ini merupakan salah satu kelompok yang diberi mandat untuk melaksanakan kegiatan pengelolaan IPAL Komunal.
Suasana yang sejuk dan rindang di tengah kota Mojokerto, KPP Mentikan Berseri 1 tetap bersemangat untuk melakukan pemeliharaan sanitasi bersama warga pengguna IPAL Komunal ini.
Sejak awal pembangunan IPAL Komunal, kawasan ini telah dilengkapi dengan flying garden yang berada tepat diatas instalasi tersebut, sehingga dapat digunakan untuk peyiraman tanaman oleh pengelola. Untuk flying garden sendiri ditanami berbagai buah dan sayur seperti Markisa, Buah Anggur, Gambas dan lain-lain.

Mengenal IPAL Komunal


Makna IPAL Komunal sudah tidak asing lagi bagi kita yang tinggal di perkotaan yaitu lokasi instalasi pengolah air limbah, yang saat ini sudah banyak dibangun di beberapa kota di Indonesia termasuk di Jawa Timur. Di Kota Mojokerto sendiri Pemerintah Kota Mojokerto tahun 2019 sudah berhasil membangun lima unit IPAL Komunal dengan anggaran Rp.2.292.500.000 dan tiga unit Septik Komunal senilai Rp.225.000.000.
Adapun total anggaran untuk program penyehatan lingkungan berjumlah Rp 2.417.500.000. Setiap unit IPAL Komunal dapat menjangkau sasaran 50 sampai dengan 70 sambungan rumah.

 

 


IPAL merupakan Instalasi Pengolahan Air Limbah yaitu sarana mengolah limbah cair rumah tangga seperti WC, air cuci/kamar mandi atau bahkan limbah WC yang lebih dikenal dengan sebutan septik tank. Disebut IPAL Komunal karena IPAL digunakan bersama-sama atau kelompok warga pengguna yang difasilitasi oleh instalasi ipal komunal ini.
Komponen IPAL Komunal terdiri dari unit pengolah limbah, jaringan perpipaan (bak kontrol & lubang perawatan) dan sambungan rumah tangga pengguna instalasi. Unit pengolah limbah ada yang jauh dari lokasi warga pengguna, ada juga yang berlokasi di lokasi dekat pemukiman warga.

 

Manfaat Ipal Komunal


KPP Mentikan Berseri 1 sudah lebih dari setahun mengelola pelaksanaan pemeliharaan IPAL Komunal, sebuah proyek yang semula kontraversial karena banyak penolakan dari warga, saat ini ternyata banyak mafaat yang didapatkan dari instalasi ini.
Beberapa manfaat dari IPAL Komunal
1. Keberadaan IPAL Komunal menjadi kan kelompok pengguna lebih guyup rukun. Mereka selalu membuat jadwal kerja bakti rutin untuk perawatan dan pemeliharaan ipal komunal ini.
2. Keberadaan IPAL Komunal memberi pupuk cair alami bagi tanaman, hal ini terbukti dari banyak nya air limbah yang merupakan hasil olahan, ternyata menyuburkan tanaman.
3. Keberadaan ipal komunal membuat air limbah rumah tangga tidak terbuang sia-sia di selokan utama jalan yang akhirnya dibuang ke sungai, namun dapat dijadikan media penyiraman terhadap tanaman yang sekaligus berperan sebagai pupuk alami tanaman dan kembali ke tanah.

 

Permasalahan yang timbul dengan IPAL Komunal


1. Peralatan yang digunakan seperti pompa air pengolah limbah yang harganya cukup mahal, sementara aktifitas yang dilakukan setiap hari berdampak pada seringnya ganguan pada peralatan tersebut, sementara harga peralatan tersebut cukup mahal.
2. Banyak nya permasalahan seperti macet nya pompa akibat sumbatan sedimen kotoran IPAL Komunal yang sering kali membuat pengelola ( KPP) waspada dengan permasalahan tersebut.
3. Tidak lancarnya aliran air akibat penumpukan sedimen pada instalasi utama dan instalasi pengolahan.
4. Apabila pengeolaan air IPAL Komunal tidak dilakukan dengan benar, terutama dalam hal perlengkapan kebutuhan Ipal Komunal, apabila air mengenai tubuh, dapat menyebabkan alengi dan iritasi kulit.

KPP Mentikan Berseri 1 saat ini sudah beroperasi lebih dari 2 tahun sejak dibangun tahun 2018, sedangkan dalam pengelolaan KPP Mentikan berseri 1 sekitar 1 tahun 2 bulan, sampai saat ini tetap eksis dan beroperasi secara baik. Cukup dengan perawatan yang baik yang dilakukan secara bersama dalam periode yang ditentukan, sehingga semua perangkat instalasi berjalan lancar.

 

( Tim Redaksi Kampung Cyber Mojokerto)


© 2022 Mojokertocyber. All Rights Reserved.