• +62 321 390946
  • 08155022156
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Wisata Jawa Timur

Air Terjun Grojogan Coban Sewu, destinasi wisata alam yang eksotis.

Halo Sahabat Traverler kampung cyber, kali ini kita bahas wisata alam Grojogan Sewu, biasa disebut juga dengan Coban Tumpang Sewu, atau air terjun tumpak sewu. Air Terjun Grojogan Coban Sewu berlokasi di  Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Dadapan Wetan, Bendosari, Kec. Pujon, Malang, Jawa Timur.  Air terjun tumpak sewu atau disebut coban sewu ini berketinggian 120 meter yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Apabila melalui jalur Lumajang bisa melalui Desa Sidomulyo Pronojiwo Lumajang Jawa Timur.
 
Menurut informasi warga setempat, Pada tanggal 15 Maret 2015, beberapa pemuda Desa Sidomulyo menemukan tempat untuk melihat air terjun dari atas bukit yang selanjutnya dijadikan wisata Tumpak Sewu Semeru.  Tumpak artinya bertumpuk atau susunan, sedangkan sewu  adalah jumlah mata air yang tak terhitung banyak nya. Dilihat dari namanya,  destinasi  wisata kali ini adalah pemandangan dengan seribu air tejun.   Jadi Coban Sewu adalah wisata dengan seribu air terjun. Namun demikian tidak berarti sumber air terjun itu berjumlah seribu tapi menyerupai seribu air terjun, mungkin karena banyaknya sumber air di lokasi air terjun ini .

Untuk menuju lokasi ini, traveler bisa masuk dari Kabupaten Lumajang atau akses masuk melalui Kabupaten Malang.  Wanawisata ini sarat dengan pemandangan alamnya yang memukau dan bahkan ekstrim karena berada diperbukitan nan hijau menawan sekaligus menantang, hutan, bukit dan tebing yang curam, melewati batu dan tanah yang licin, namun jangan khawatir traveler, karena di sana sudah disediakan oleh pengelola beberapa tangga, jembatan dan tali sebagai alat bantu saat anda menapak di lokasi air terjun. Untuk masuk ke wana wisata ini, travelers dikenai biaya Rp. 10.000,- saja sebagai loket masuk dan ada biaya lagi saat anda memasuki area air terjun sebesar Rp. 10.000,-. Murah bukan ?

Menurut informasi dari warga setempat, air terjun coban sewu ini awal nya tidak dibuka untuk umum karena warga takut lokasi ini rusak tidak terawat. Namun setelah pemerintah membangun dan sekaligus memberi akses untuk umum, sejak saat itu warga juga mendukung kebijakan pemerintah setempat.

Kalau traveler datang ke sini, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan jembatan dan beberapa bangunan  yang instagramable banget.  Dari sini  kalain sudah terdengar suara gemericik air terjun di bawah sana, suara burung, dan kalau kalian mau menuju ke air terjun, Anda perlu berpetualang untuk naik turun tebing, jalan yang ekstrim, batu yang berlumut karena lokasi yang selalu lembab so kamu harus memperhatikan apa yang kalian harus pakai seperti sepatu yang anti selib jika ditempat licin, tidak membawa barang yang terlalu banyak sehingga tidak memberatkan beban saat turun ke air terjun. Untuk  kalian yang masuk melalui  Kota Batu Malang, travelers akan menemukan pemandangan kelenteng untuk ibadah umat budha, namun jangan khawatir sahabat, sebab juga tersedia musholla untuk pengunjung yang muslim di sana. Namun apabila anda masuk melalui desa Sidomulyo Lumajang, travelers akan masuk di wilayah pedesaan yang damai sampai anda menemukan lokasi parkir kendaraan. Selamat menikmati wisata alam Jawa Timur.




© 2022 Mojokertocyber. All Rights Reserved.